Bebas Pusing Penggunaan VR dengan 4 Tips Sederhana

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi VR menjadi favorit banyak orang karena pengalaman virtual yang memanjakan mata. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa bebas pusing penggunaan VR ingin diketahui setiap orang. Soalnya rasa pusing hingga sakit kepala setelah pemakaiannya sangatlah mengganggu. Berikut ada 4 tips sederhananya. 
bebas pusing penggunaan vr
umahdroid

1. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Tips sederhana yang bisa dicoba pertama kali adalah dengan tidak terlalu memaksakan diri. Pastikan bahwa Anda sedang berada dalam kondisi yang sehat ketika ingin menggunakan teknologi ini. Jangan paksakan diri apabila memang tidak yakin sepenuhnya karena teknologi VR ini bisa memberikan efek semakin buruk. Terutama rasa pusing hingga sakit kepala hebat. 

2. Lakukan Penggunaan Secara Bertahap

Perlu diketahui bahwa pusing hingga sakit kepala ini biasanya paling banyak dialami oleh mereka yang baru pertama kali menggunakan teknologi VR. Untuk itulah, guna mencegah terjadinya rasa pusing hingga sakit kepala ini maka penggunaan VR harus dilakukan secara bertahap. Seperti penggunaan selama 5 sampai 10 menit terlebih dulu bagi pemula. 
Apabila sudah melewati tahap ini maka berikutnya bisa dilakukan penambahan waktunya. Seperti menjadi 15 menit hingga 30 menit pemakaian teknologi VR. Bukan tanpa alasan melakukan hal tersebut dikarenakan untuk pembiasaan tubuh terlebih dulu. Terutama pembiasaan pada mata Anda agar tidak cepat lelah dan juga fokus yang tidak terganggu. 

3. Melihat Sesuai Arah Gerakan

Tips bebas pusing penggunaan VR berikutnya adalah dengan melihat sesuai arah gerakan yang ditampilkan oleh VR. Soalnya masih banyak orang yang melakukan kesalahan ketika menggunakan teknologi ini. Kesalahan tersebut adalah dengan melihat berbagai arah dari gambar yang disajikan oleh teknologi VR tersebut. 
Nyatanya kebiasaan tersebutlah yang kemudian membuat kepala menjadi pusing hingga sakit. Hal tersebut disebabkan karena mata yang tidak fokus dan juga melihat ke berbagai arah. Untuk itulah, hindari hal ini dengan melihat gambar yang ditampilkan VR sesuai arah gerakannya saja. Lebih penting lagi lebih fokuskan untuk selalu melihat ke depan dari gambar yang ada. 

4. Gunakan Frama Rate Tinggi

Tips yang terakhir adalah dengan menggunakan frame rate yang tinggi. Soalnya selama ini banyak kasus orang yang pusing atau sakit kepala setelah menggunakan VR karena frame rate yang rendah. Soalnya frame rate jenis ini mudah menyebabkan motion sickness. Anda bisa mengatasi hal ini dengan mengganti menggunakan frame rate pada VR dengan yang lebih tinggi. 
Jadi bagi Anda yang selama ini menggunakan teknologi VR dan seringkali mengalami pusing, maka empat tips di atas bisa dijadikan solusinya. Tips tersebut akan membantu Anda bebas pusing penggunaan VR yang pastinya selama ini Anda idamkan. Supaya Anda bisa bebas lagi menggunakan teknologi VR yang canggih tanpa terkena efek sampingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *